Tes wawancara UNAIR Magister (S2) Media dan Komunikasi

Assalamualaikum, setelah mendapat jadwal tes wawancara UNAIR S2 Media dan Komunikasi tanggal 2 juni 2024, aku berusaha mempersiapkan pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan kemudian, lebih ke arah mengumpulkan kira-kira pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan pada saat wawancara. Kebetulan aku berasal dari jurusan non linier, aku adalah lulusan D3 perpajakan STAN dengan S1 dari jurusan akuntansi. Cukup berbeda jauh rumpun keilmuannya. But this is my passion, not just something that I want, but I really want it.



Sebelumnya sebagai tambahan informasi aku mengikuti masuk UNAIR S2 media dan komunikasi jalur beasiswa kominfo tahun 2024.

Sebelum tes wawancara, aku juga mengikuti mockup Interview berbayar yang disediakan salah satu platform di Instagram. Hal ini sengaja aku lakukan agar mentalku lebih terbentuk saat wawancara dan kalimat-kalimat yang aku ungkapkan tertata dengan rapi.

List pertanyaan saat wawancara untuk beasiswa jenjang magister / beasiswa S2

Mockup interview yang aku jalani lebih kearah latihan saat diwawancara terkait beasiswa kominfo, pelatihnya adalah lulusan beasiswa LPDP. Kenyataannya pada tahun 2024 beasiswa kominfo tidak ada tes wawancara sama sekali hihi, Jadi aku rangkum juga disini pertanyaan-pertanyaan dari mockup interview ala beasiswa LPDP ya untuk program magister.

1.Perkenalan diri (perlihatkan segala kemampuanmu in humble way)

2. Kenapa harus s2 ? Dan mengapa jurusan itu ? Kenapa Univ A yang kamu tuju?

3. Kenapa lintas jurusan?

4. Apakah sudah mengetahui dr/prof di jurusan tersebut?

5. Bagaimana dengan biaya hidup ?

6. Keunggulan dan kelemahan diri kamu ?

7. Seberapa yakin kamu diterima?

8. Bagaimana jika kamu tidak diterima?

9. Harapan kamu kedepannya ?

10. Rencana tesis ?


Daftar pertanyaan tes wawancara S2 atau jenjang magister

Nah sekarang kita bahas daftar pertanyaan tes wawancara S2 atau jenjang magister ya.Ini adalah kumpulan pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan ketika wawancara masuk universitas khususnya program magister lintas jurusan. Kumpulan pertanyaan ini aku sadur dari beberapa sumber.

1. Perkenalan diri

2. Motivasi kuliah

3. Kenapa harus berkuliah di universitas tersebut ? Kenapa harus s2?

4. Kenapa atasan kamu memberikan rekomendasi

5. Latar Belakang Keliuarga

6. Peminatanmnya kemana (dalam case ku apakah ke peminatan media / komunikasi korporasi)

7. Apakah kamu sudah mengetahui dosennya siapa?

8. Bagaimana kamu bergaul di lingkungan?

9. Apakah sudah menyiapkan jurnal-jurnal ?

10. Ceritakan pengalaman kamu pada jenjang sebelumnya?

11. Apa proposal tesis yang kamu buat ?

12. Apa harapan kamu setelah kuliah nanti ?


Back to the topic, kita akan membicarakan real interview test di Unair ya. Jadwal dan link zoom meeting akan diberitahukan h-1 ujian.

H-1 Ujian teman teman akan mendapat broadcast message dari PPMB unair sebagaimana berikut

Selamat Sore,

informasi ID Meeting dan Passcode Ujian Seleksi Program Pascasarjana dan Profesi Gelombang III Semester Gasal tanggal 2 Juni 2024 dapat dilihat secara berkala pada tautan https://ppmb.unair.ac.id/id/jadwal-ujian-pascasarjana-profesi-gelombang-iii-gasal-2024

Terima kasih

Dan ketika selesai wawancara teman -teman akan mendapat pesan broadcast seperti ini dari PPMB UNAIR

https://g.co/XXXX mohon waktu untuk ulasan pelayanan ppmb. Ulasan anda akan membantu kami agar terus lebih baik kedepannya. 🙏😊Terima kasih


Proses wawancara magister / S2  UNAIR

Aku mendapat jadwal tes 2 juni 2024 pukul 15:00 WITA. Aku masuk ke ruang zoom meeting pukul 15:14, aku menunggu 14 menit sebelum dapat bertemu dengan penguji saat wawancara. Jadi ketika kamu belum di approve untuk masuk ke ruang zoom, bersabarlah, Gunakan pakaian bebas rapi, aku menggunakan baju hijab one set syar'i berwarna hijau ^^. Mencoba masuk ruang zoom 30 menit sebelum jadwal, untuk proses verifikasi, siapkan kartu identitas juga ya.

Selanjutnya aku adalah peserta pertama dari gelombang ku dan di jadwalku. Aku berinisiatif untuk memperkenalkan diri secara singkat dan lengkap,

Setelah aku perkenalan, penguji langsung berkata, mengapa mengambil jurusan ini dan tesisnya tentang apa ?

Kemudian aku menjelaskan rencana tesisku. Penguji bertanya kembali, apa pembeda  tesisku dari pegawai DJP (KEMENKEU) yang lainnya, karena kata penguji, tesis kami hampir mirip.

Maka detik itu juga aku merevisi sedikit sudut pandang tesis aku, secepat kilat, tentang apa keunggulan tesis ku, pembedaan aku dari peserta lainnya

Alhamdulillah penguji ku terlihat cukup puas dengan jawabanku, sehingga penguji mengucapkan terimakasih dan wawancara ku selesai.

Alhamdulillah Allahumma Baarik

Alhamdulillah tanggal 11 juni 2024 pengumuman di website unair.


Sekian cerita kali ini, kalau kalian ingin mengetahui proses sebelum tes wawancara masuk S2 media dan komunikasi UNAIR, bisa baca disini . Untuk bertanya lebih lanjut, langsung kunjungi saja profil instagram aku olivwijayaa . Terimakasih banyak dan semoga pengalaman aku bermanfaat untuk kalian yang membaca.
Share:

No comments:

Post a Comment