Tes ELPT sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan di Universitas Airlangga

Assalamualaikum aku baru saja menyelesaikan tes ELPT di UNAIR. Jadi aku ingin menceritakan dan berbagi pengalamanku tes ELPT di UNAIR. ELPT atau English Language Proficiency Test adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini biasanya digunakan sebagai prediksi dari TOEFL®ITP. 


Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia memiliki berbagai persyar untuk kelulusan mahasiswa, termasuk dalam hal penguasaan bahasa Inggris. Salah satu komponen yang sering dijadikanarat adalah tes English Language Proficiency Test (ELPT). Berikut adalah beberapa informasi penting terkait proses ini:

1. Tujuan ELPT di UNAIR

Menilai Kemampuan Bahasa Inggris: UNAIR mengharuskan mahasiswa untuk mengikuti tes ELPT sebagai sarana untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka. Hal ini penting mengingat banyak program studi di UNAIR yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan dan penelitian.

Persyaratan Kualifikasi: Hasil dari tes ELPT digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memiliki kapasitas yang baik dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan, sebelum mereka diizinkan untuk menyelesaikan studi mereka.

2. Format dan Komponen ELPT

Struktur ELPT dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. English Listening Section (Listening Comphrehension) yang memiliki 50 soal dalam 45 menit;

2. English Structure Section (Structure and Written Expression) yang memiliki 40 soal dalam 25 menit;

3. English Reading Section (Reading Comphrehession) yang memiliki 50 soal dalam 55 menit.

3. Skor Minimal dan Penggunaan Hasil Tes

Setiap program studi di UNAIR mungkin memiliki ketentuan mengenai skor minimum yang harus dicapai dalam tes ELPT untuk memenuhi syarat kelulusan.

Terkait dengan skor minimum terdapat pada Peraturan Rektor Universitas Airlangga Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Standard Nilai English Language Proficiency Test Mahasiswa Program Magister Dan Program Doktor Universitas Airlangga.

Setiap mahasiswa program Pendidikan Magister (S2) dan Program Doktor (S3) wajib melakukan tes ELPT dan mempunyai nilai hasil tes tersebut. 

Standar Nilai hasil tes ELPT bagi mahasiswa program Magister (S2) sekurang-kurangnya adalah 475. (Pasal 2)

Mahasiswa program Doktor (S3) sekurang-kurangnya adalah 500. (Pasal 2)

Hasil tes ini untuk persyaratan kelulusan yudisium bila sudah mencapai Standar Nilai yang ditentukan. (pasal 3)

Nilai hasil test ELPT yang diakui oleh Universitas Airlangga adalah yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa yang dikelola Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Nilai hasil tes yang diakui adalah nilai yang diperoleh selama masa studi. (pasal 3)

4. Pelaksanaan dan Ketentuan

Ketentuan :

1. Dilaksanakan setiap hari Rabu, dan Jumat

2. RABU : Sesi I pukul 08.30 WIB ; Sesi II pukul 12.30 WIB.

JUMAT : Sesi I pukul 08.00 WIB ; Sesi II pukul 13.00 WIB.

3. Biaya SIVITAS UNAIR Rp 75.000,- ; Umum Rp 100.000,-. ( biaya belum termasuk PPN 11% )

4. Syarat : Login & Memilih jadwal tes di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id

5. Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kapasitas kelas sudah penuh tanpa pemberitahuan sebelumnya.

6. Jadwal Tes yang sudah dipilih dan telah melakukan pembayaran tidak bisa diganti (Reschedule) dengan alasan apapun. 

7. Hasil tes bisa dilihat 1 jam setelah tes di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id dengan cara LOGIN kemuadian klik menu Test History.

PROSEDUR PENDAFTARAN : 

1. LogIn terlebih dahulu (bagi yang sudah mempunyai Username & Password) di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id.

2.  USERNAME & PASSWORD http://pusatbahasa.unair.ac.id berbeda dengan USERNAME & PASSWORD http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id , bagi peserta UMUM silahkan SIGNUP jika belum mempunyai USERNAME dan PASSWORD pada http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id.

2. Klik menu TEST, kemudian klik menu SEARCH TEST SCHEDULE.

3. Pilih test type dan tanggal tes yang akan diikuti, kemudian klik SEARCH.

4. Klik Apply Now pada jadwal tes yang dipilih.

5. Klik Continue to Payment jika ingin melanjutkan ke proses pembayaran.

6. Cetak Invoice pembayaran tes untuk melakukan pembayaran ke Bank Mandiri (melalui Teller/Mesin ATM/Mandiri Online).

7. Tata cara pembayaran (melalui Teller/Mesin ATM/Mandiri Online).

8. Cetak kartu peserta tes pada menu My Schedule dengan tintah berwarna setelah selesai melakukan pembayaran.


5. Pengalaman Pribadi

Jadi setelah mendaftar sesuai ketentuan diatas, aku memilih ujian tanggal 20 September 2024 yaitu hari Jumat ini, di pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB. Aku memilih mengikuti secara offline karena jika secara online harus dilaksanakan dengan laptop windows, sedangkan laptop ku adalah MAC. So, tes ELPT bisa dilakukan secara online/ offline ya. Jadi aku mengikuti di ASEEC Tower lantai 7.

Berikut daftar setiap lantai di aseec tower unair



Sesampainya di lantai 7 sekitar pukul 8.10 WIB, kami peserta menunggu didepan kelas masingmasing sesuai ruangan yang tertera di kartu peserta (aku room D). 


Di pintu terdapat nomor tempat duduk peserta, cek nama kalian ya

Fasilitasnya lengkap, ada toilet yang bersih, mushola cukup luas, bahkan ada mesin yang menjual minuman, ruangan dingin dan nyaman.



Jam 8.30 WIB kita masuk ke ruangan masing-masing, hanya diperbolehkan meletakkan (WAJIB BAWA) pensil 2B ,pulpen, penghapus, tanda pengenal KTP bagi umum / KTM bagi mahasiswa aktif, dan kartu peserta harus dicetak berwarna

Pada saat ujian HP harus dimatikan powernya, jam tangan juga tidak diperbolehkan dikenakan. Kemudian diatas meja ada LJK, kita akan dipandu oleh pengawas dalam pengisian identitas LJK. Setelah pengisian LJK kita dibagikan buku soal ELPT yang tidak boleh dicoret, apabila ditemukan coretan dinyatakan tidak lulus.



Kemudian saya mengerjakan sampai waktu habis, tidak lama sekitar 1 jam kemudian hasilnya keluar di website, alhamdulillah saya diatas passing grade mahasiswa Pascasarjana (S2). Alhamdulillah tenang deh, mudah-mudahan lulus tepat waktu yah aamiin.


Pakaian tes ELPT UNAIR bebas pantas sopan guys. Wajah alhamdulillah bahagia karena sudah lulus passing grade, alhamdulillah walau belum belajar, karena sibuk pindahan dari kota samarinda ke surabaya alhamdulillah. Jangan ditiru ya, kalau ada waktu belajarlah !

6. Alternatif dan Kebijakan Lain

Beberapa mahasiswa mungkin dapat menggunakan sertifikat tes bahasa Inggris internasional (seperti IELTS, TOEFL, dsb.) yang diakui sesuai dengan kebijakan universitas.

ELPT memiliki beberapa kegunaan, seperti: 

o Sebagai syarat kelulusan program pascasarjana di ITB 

o Sebagai syarat pendaftaran program Magister dan Doktoral di ITB 

o Sebagai bukti tingkat bahasa Inggris untuk mendaftar visa pelajar di ARU 

o Sebagai syarat kelulusan mahasiswa di UNAIR 

Kesimpulan

Syarat kelulusan di Universitas Airlangga yang mencakup pengujian ELPT merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, mahasiswa diharapkan lebih siap untuk bersaing secara global, baik di dunia kerja maupun dalam studi lanjutan.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut terkait syarat kelulusan UNAIR atau hal lain seputar universitas, silakan beri tahu saya di Instagram saya @olivwijayaa !


Share:

No comments:

Post a Comment