CERITA OPERASI LASIK MATA DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

 

Assalamualaikum, aku ingin menceritakan pengalaman Operasi Lasik aku di Samarinda di RS MATA PROV KALTIM. Instagram @rsmprovkaltim. Whatsapp 0811-5519-100, phone 0541-744536.

Apa itu Lasik ?

Laser in situ Keratomileusis atau Lasik adalah prosedur laser untuk mengoreksi kelainan refraksi (mata minus/rabun jauh, silinder, rabun dekat) sehingga terbebas dari alat bantu penglihatan seperti kacamata dan contact lens.

Gejala kelainan refraksi

Bila anda merasa ada gejala seperti di bawah ini, maka anda membutuhkan pemeriksaan refraksi untuk memastikan kondisi mata Anda.

1. Penglihatan Kabur

2.Melihat lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya terang

3. Sulit fokus

4. Sering menyipitkan mata

5. Sakit Kepala

6. Mata terasa tegang


Manfaat Lasik

Lasik memang benar-benar bisa membuat penderita kelainan refraksi terbebas dari kacamata, dengan catatan kondisi mata pasien mendukung, karena itu perlu dilakukan pemeriksaan dasar, pre-Lasik, hingga konsultasi dokter mata.

Prosedur lasik

Lasik yang digadang -gadang menjadi solusi untuk membebaskan kamu dari kelainan refraksi atau ketergantungan alat bantu penglihatan seperti kacamata, bekerja denganteknologi yang canggih.

Pada umumnya lasik meliputi tindakan yang membentuk flap pada lapisan kornea dengan tujuan memperbaiki bentuk kornea agar fokus pada mata dan kembali berfungsi dengan baik terhadap objek.

Cerita Proses Lasik

Proses lasik hanya sekitar 5 menit tidak sakit sama sekali, namun pemeriksaan sebelum lasik yang cukup lama disebut pre-lasik. Biaya pre-lasik sekitar Rp. 500.000- 750.000,00 bervariasi , tergantung kondisi mata. Dan biaya lasik tidak ditanggung BPJS.

Kemudian setelah lasik kita dapat langsung melihat namun pandangan akan kabur selama 30 menit sampai dengan 1 jam, kemudian kita dianjurkan memakai kacamata hitam sampai dengan minimal sampai 1 bulan. Tidak boleh terkena air dan debu selama 1 bulan pertama. Karena ada urgensi pekerjaan di periode 2 minggu pertama setelah lasik mataku terkena debu jalan, yaa aku menyeberang jalan , memakai kacamata hitam , namun debu tetap masuk. Sehingga aku harus berobat kembali, untung saja, aku cepat ke dokter dan tidak membiarkannya terlalu lama, sehingga mataku masih bisa diselamatkan alhamdulillah. 

Jadi konsekuensi lasik, harus benar-benar beraktivitas yang membuat mata kita tidak terkena angin / debu. Jadi beraktivitas pakai mobil atau jika naik motor, silahkan diibonceng atau naik transportasi online. Jika aku, untuk beraktivitas aku sering naik ojek online (ketika dibonceng posisi merem). Sama sekali tidak boleh beraktivitas outdoor yang terkena angin selama 1 bulan. Keramas pun memakai kursi (Seperti disalon) dan memakai kacamata renang, agar air tidak terkena mata. Perjuangan sekali selama sebulan kala itu,

Alhamdulillah setelah 1 bulan mata sudah mulai bisa terkena angin dan air. Dan penglihatan semakin jelas menginjak bulan ketiga setelah lasik. Alhamdulillah dari minus 4 dan silinder 0.25 bisa menjadi 0 masyaAllah dan sampai dengan tulisan ini ditulis dan semoga seterusnya mata aku masih normal alhamdulillah


Apakah ada kemungkinan kembali minus?

Ada jika kita tidak menjaga mata kita.


Biaya Lasik

Menariknya, di RS Mata Kaltim ada layanan operasi lasik. Biayanya Rp. 19 juta diluar biaya pre-lasik, kontrol dan obat-obatan. Layanan ini jadi satu-satunya di wilayah Indonesia Timur. Diketahui lasik adalah cara untuk menyelesaikan gangguan penglihatan tanpa kacamata

Untuk pembayaran di RS mata prov kaltim di samarinda semua pembayaran harus dalam bentuk Uang Tunai / Cash.  Jadi uang 19 juta itu dibawa secara utuh. Kemudian setiap kontrol sediakan uang minimal Rp. 500.000,00. Total biaya lasik keseluruhan dengan obat dan kontrol, minimal sekitar Rp. 22.000.000,00 bahkan lebih tergantung kesehatan mata masing-masing setelah lasik.

Alhamdulillah aku tinggal di samarinda saat proses lasik berlangsung sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tempat tinggal/hotel/akomodasi yang lainnya.

Kesimpulan

Jika ingin lasik siapkan dana minimal 25 juta rupiah dan pastikan ada orang yang menemani kamu mengurus administrasi setelah lasik, menuntun kamu dan membantu merawat mata kamu ya selama sebulan, supaya hasilnya optimal. Pastikan jjuga dalam waktu 1 bulan kamu tidak bekerja outdoor, karena akan sangat berbahaya bagi pemulihan mata kamu setelah operasi Lasik.

Jadi semua hal itu harus dipertimbangkan, tentu saja ini berdasarkan pengalaman pribadi aku, dan mungkin bisa berbeda di orang lainnya. Ambil baiknya dan buang kurang baiknya, semoga bermanfaat ya aamiin

Jika ada pertanyaan seputar lasik silahkan tanya-tanya aja via Instagram aku @olivwijayaa . Terimakasih.

Share:

No comments:

Post a Comment