Tes ELPT sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan di Universitas Airlangga

Assalamualaikum aku baru saja menyelesaikan tes ELPT di UNAIR. Jadi aku ingin menceritakan dan berbagi pengalamanku tes ELPT di UNAIR. ELPT atau English Language Proficiency Test adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini biasanya digunakan sebagai prediksi dari TOEFL®ITP. 


Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia memiliki berbagai persyar untuk kelulusan mahasiswa, termasuk dalam hal penguasaan bahasa Inggris. Salah satu komponen yang sering dijadikanarat adalah tes English Language Proficiency Test (ELPT). Berikut adalah beberapa informasi penting terkait proses ini:

1. Tujuan ELPT di UNAIR

Menilai Kemampuan Bahasa Inggris: UNAIR mengharuskan mahasiswa untuk mengikuti tes ELPT sebagai sarana untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka. Hal ini penting mengingat banyak program studi di UNAIR yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan dan penelitian.

Persyaratan Kualifikasi: Hasil dari tes ELPT digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memiliki kapasitas yang baik dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan, sebelum mereka diizinkan untuk menyelesaikan studi mereka.

2. Format dan Komponen ELPT

Struktur ELPT dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. English Listening Section (Listening Comphrehension) yang memiliki 50 soal dalam 45 menit;

2. English Structure Section (Structure and Written Expression) yang memiliki 40 soal dalam 25 menit;

3. English Reading Section (Reading Comphrehession) yang memiliki 50 soal dalam 55 menit.

3. Skor Minimal dan Penggunaan Hasil Tes

Setiap program studi di UNAIR mungkin memiliki ketentuan mengenai skor minimum yang harus dicapai dalam tes ELPT untuk memenuhi syarat kelulusan.

Terkait dengan skor minimum terdapat pada Peraturan Rektor Universitas Airlangga Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Standard Nilai English Language Proficiency Test Mahasiswa Program Magister Dan Program Doktor Universitas Airlangga.

Setiap mahasiswa program Pendidikan Magister (S2) dan Program Doktor (S3) wajib melakukan tes ELPT dan mempunyai nilai hasil tes tersebut. 

Standar Nilai hasil tes ELPT bagi mahasiswa program Magister (S2) sekurang-kurangnya adalah 475. (Pasal 2)

Mahasiswa program Doktor (S3) sekurang-kurangnya adalah 500. (Pasal 2)

Hasil tes ini untuk persyaratan kelulusan yudisium bila sudah mencapai Standar Nilai yang ditentukan. (pasal 3)

Nilai hasil test ELPT yang diakui oleh Universitas Airlangga adalah yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa yang dikelola Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Nilai hasil tes yang diakui adalah nilai yang diperoleh selama masa studi. (pasal 3)

4. Pelaksanaan dan Ketentuan

Ketentuan :

1. Dilaksanakan setiap hari Rabu, dan Jumat

2. RABU : Sesi I pukul 08.30 WIB ; Sesi II pukul 12.30 WIB.

JUMAT : Sesi I pukul 08.00 WIB ; Sesi II pukul 13.00 WIB.

3. Biaya SIVITAS UNAIR Rp 75.000,- ; Umum Rp 100.000,-. ( biaya belum termasuk PPN 11% )

4. Syarat : Login & Memilih jadwal tes di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id

5. Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kapasitas kelas sudah penuh tanpa pemberitahuan sebelumnya.

6. Jadwal Tes yang sudah dipilih dan telah melakukan pembayaran tidak bisa diganti (Reschedule) dengan alasan apapun. 

7. Hasil tes bisa dilihat 1 jam setelah tes di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id dengan cara LOGIN kemuadian klik menu Test History.

PROSEDUR PENDAFTARAN : 

1. LogIn terlebih dahulu (bagi yang sudah mempunyai Username & Password) di website http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id.

2.  USERNAME & PASSWORD http://pusatbahasa.unair.ac.id berbeda dengan USERNAME & PASSWORD http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id , bagi peserta UMUM silahkan SIGNUP jika belum mempunyai USERNAME dan PASSWORD pada http://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id.

2. Klik menu TEST, kemudian klik menu SEARCH TEST SCHEDULE.

3. Pilih test type dan tanggal tes yang akan diikuti, kemudian klik SEARCH.

4. Klik Apply Now pada jadwal tes yang dipilih.

5. Klik Continue to Payment jika ingin melanjutkan ke proses pembayaran.

6. Cetak Invoice pembayaran tes untuk melakukan pembayaran ke Bank Mandiri (melalui Teller/Mesin ATM/Mandiri Online).

7. Tata cara pembayaran (melalui Teller/Mesin ATM/Mandiri Online).

8. Cetak kartu peserta tes pada menu My Schedule dengan tintah berwarna setelah selesai melakukan pembayaran.


5. Pengalaman Pribadi

Jadi setelah mendaftar sesuai ketentuan diatas, aku memilih ujian tanggal 20 September 2024 yaitu hari Jumat ini, di pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB. Aku memilih mengikuti secara offline karena jika secara online harus dilaksanakan dengan laptop windows, sedangkan laptop ku adalah MAC. So, tes ELPT bisa dilakukan secara online/ offline ya. Jadi aku mengikuti di ASEEC Tower lantai 7.

Berikut daftar setiap lantai di aseec tower unair



Sesampainya di lantai 7 sekitar pukul 8.10 WIB, kami peserta menunggu didepan kelas masingmasing sesuai ruangan yang tertera di kartu peserta (aku room D). 


Di pintu terdapat nomor tempat duduk peserta, cek nama kalian ya

Fasilitasnya lengkap, ada toilet yang bersih, mushola cukup luas, bahkan ada mesin yang menjual minuman, ruangan dingin dan nyaman.



Jam 8.30 WIB kita masuk ke ruangan masing-masing, hanya diperbolehkan meletakkan (WAJIB BAWA) pensil 2B ,pulpen, penghapus, tanda pengenal KTP bagi umum / KTM bagi mahasiswa aktif, dan kartu peserta harus dicetak berwarna

Pada saat ujian HP harus dimatikan powernya, jam tangan juga tidak diperbolehkan dikenakan. Kemudian diatas meja ada LJK, kita akan dipandu oleh pengawas dalam pengisian identitas LJK. Setelah pengisian LJK kita dibagikan buku soal ELPT yang tidak boleh dicoret, apabila ditemukan coretan dinyatakan tidak lulus.



Kemudian saya mengerjakan sampai waktu habis, tidak lama sekitar 1 jam kemudian hasilnya keluar di website, alhamdulillah saya diatas passing grade mahasiswa Pascasarjana (S2). Alhamdulillah tenang deh, mudah-mudahan lulus tepat waktu yah aamiin.


Pakaian tes ELPT UNAIR bebas pantas sopan guys. Wajah alhamdulillah bahagia karena sudah lulus passing grade, alhamdulillah walau belum belajar, karena sibuk pindahan dari kota samarinda ke surabaya alhamdulillah. Jangan ditiru ya, kalau ada waktu belajarlah !

6. Alternatif dan Kebijakan Lain

Beberapa mahasiswa mungkin dapat menggunakan sertifikat tes bahasa Inggris internasional (seperti IELTS, TOEFL, dsb.) yang diakui sesuai dengan kebijakan universitas.

ELPT memiliki beberapa kegunaan, seperti: 

o Sebagai syarat kelulusan program pascasarjana di ITB 

o Sebagai syarat pendaftaran program Magister dan Doktoral di ITB 

o Sebagai bukti tingkat bahasa Inggris untuk mendaftar visa pelajar di ARU 

o Sebagai syarat kelulusan mahasiswa di UNAIR 

Kesimpulan

Syarat kelulusan di Universitas Airlangga yang mencakup pengujian ELPT merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, mahasiswa diharapkan lebih siap untuk bersaing secara global, baik di dunia kerja maupun dalam studi lanjutan.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut terkait syarat kelulusan UNAIR atau hal lain seputar universitas, silakan beri tahu saya di Instagram saya @olivwijayaa !


Share:

CERITA OPERASI LASIK MATA DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

 

Assalamualaikum, aku ingin menceritakan pengalaman Operasi Lasik aku di Samarinda di RS MATA PROV KALTIM. Instagram @rsmprovkaltim. Whatsapp 0811-5519-100, phone 0541-744536.

Apa itu Lasik ?

Laser in situ Keratomileusis atau Lasik adalah prosedur laser untuk mengoreksi kelainan refraksi (mata minus/rabun jauh, silinder, rabun dekat) sehingga terbebas dari alat bantu penglihatan seperti kacamata dan contact lens.

Gejala kelainan refraksi

Bila anda merasa ada gejala seperti di bawah ini, maka anda membutuhkan pemeriksaan refraksi untuk memastikan kondisi mata Anda.

1. Penglihatan Kabur

2.Melihat lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya terang

3. Sulit fokus

4. Sering menyipitkan mata

5. Sakit Kepala

6. Mata terasa tegang


Manfaat Lasik

Lasik memang benar-benar bisa membuat penderita kelainan refraksi terbebas dari kacamata, dengan catatan kondisi mata pasien mendukung, karena itu perlu dilakukan pemeriksaan dasar, pre-Lasik, hingga konsultasi dokter mata.

Prosedur lasik

Lasik yang digadang -gadang menjadi solusi untuk membebaskan kamu dari kelainan refraksi atau ketergantungan alat bantu penglihatan seperti kacamata, bekerja denganteknologi yang canggih.

Pada umumnya lasik meliputi tindakan yang membentuk flap pada lapisan kornea dengan tujuan memperbaiki bentuk kornea agar fokus pada mata dan kembali berfungsi dengan baik terhadap objek.

Cerita Proses Lasik

Proses lasik hanya sekitar 5 menit tidak sakit sama sekali, namun pemeriksaan sebelum lasik yang cukup lama disebut pre-lasik. Biaya pre-lasik sekitar Rp. 500.000- 750.000,00 bervariasi , tergantung kondisi mata. Dan biaya lasik tidak ditanggung BPJS.

Kemudian setelah lasik kita dapat langsung melihat namun pandangan akan kabur selama 30 menit sampai dengan 1 jam, kemudian kita dianjurkan memakai kacamata hitam sampai dengan minimal sampai 1 bulan. Tidak boleh terkena air dan debu selama 1 bulan pertama. Karena ada urgensi pekerjaan di periode 2 minggu pertama setelah lasik mataku terkena debu jalan, yaa aku menyeberang jalan , memakai kacamata hitam , namun debu tetap masuk. Sehingga aku harus berobat kembali, untung saja, aku cepat ke dokter dan tidak membiarkannya terlalu lama, sehingga mataku masih bisa diselamatkan alhamdulillah. 

Jadi konsekuensi lasik, harus benar-benar beraktivitas yang membuat mata kita tidak terkena angin / debu. Jadi beraktivitas pakai mobil atau jika naik motor, silahkan diibonceng atau naik transportasi online. Jika aku, untuk beraktivitas aku sering naik ojek online (ketika dibonceng posisi merem). Sama sekali tidak boleh beraktivitas outdoor yang terkena angin selama 1 bulan. Keramas pun memakai kursi (Seperti disalon) dan memakai kacamata renang, agar air tidak terkena mata. Perjuangan sekali selama sebulan kala itu,

Alhamdulillah setelah 1 bulan mata sudah mulai bisa terkena angin dan air. Dan penglihatan semakin jelas menginjak bulan ketiga setelah lasik. Alhamdulillah dari minus 4 dan silinder 0.25 bisa menjadi 0 masyaAllah dan sampai dengan tulisan ini ditulis dan semoga seterusnya mata aku masih normal alhamdulillah


Apakah ada kemungkinan kembali minus?

Ada jika kita tidak menjaga mata kita.


Biaya Lasik

Menariknya, di RS Mata Kaltim ada layanan operasi lasik. Biayanya Rp. 19 juta diluar biaya pre-lasik, kontrol dan obat-obatan. Layanan ini jadi satu-satunya di wilayah Indonesia Timur. Diketahui lasik adalah cara untuk menyelesaikan gangguan penglihatan tanpa kacamata

Untuk pembayaran di RS mata prov kaltim di samarinda semua pembayaran harus dalam bentuk Uang Tunai / Cash.  Jadi uang 19 juta itu dibawa secara utuh. Kemudian setiap kontrol sediakan uang minimal Rp. 500.000,00. Total biaya lasik keseluruhan dengan obat dan kontrol, minimal sekitar Rp. 22.000.000,00 bahkan lebih tergantung kesehatan mata masing-masing setelah lasik.

Alhamdulillah aku tinggal di samarinda saat proses lasik berlangsung sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tempat tinggal/hotel/akomodasi yang lainnya.

Kesimpulan

Jika ingin lasik siapkan dana minimal 25 juta rupiah dan pastikan ada orang yang menemani kamu mengurus administrasi setelah lasik, menuntun kamu dan membantu merawat mata kamu ya selama sebulan, supaya hasilnya optimal. Pastikan jjuga dalam waktu 1 bulan kamu tidak bekerja outdoor, karena akan sangat berbahaya bagi pemulihan mata kamu setelah operasi Lasik.

Jadi semua hal itu harus dipertimbangkan, tentu saja ini berdasarkan pengalaman pribadi aku, dan mungkin bisa berbeda di orang lainnya. Ambil baiknya dan buang kurang baiknya, semoga bermanfaat ya aamiin

Jika ada pertanyaan seputar lasik silahkan tanya-tanya aja via Instagram aku @olivwijayaa . Terimakasih.

Share:

Review skincare Dalba first spray serum

Berikut ini oliv berikan review singkat produk Dalba First Spray Serum berdasarkan informasi yang tersedia di internet dna pengalaman pribadi Oliv.

Dalba First Spray Serum merupakan serum wajah berbentuk spray dari brand skincare Korea Dalba. Produk ini mengklaim dapat memberikan efek melembabkan, mencerahkan, dan menenangkan kulit.


Kelebihan:

- Kemasan spray memudahkan aplikasi, cepat meresap, dan higienis

- Mengandung Hyaluronic Acid untuk hidrasi dan Niacinamide untuk mencerahkan

- Sensasi menyegarkan saat disemprotkan ke wajah

- Cocok untuk kulit berminyak karena teksturnya ringan

- Bisa digunakan sebagai toner ataupun sebagai serum

- Harga terjangkau untuk serum wajah

Kekurangan:

- Beberapa review menyebutkan baunya kurang enak

- Mungkin kurang cocok untuk kulit kering karena kurang melembabkan

- Ukuran 120ml cukup cepat habis jika rutin digunakan


Secara keseluruhan, Dalba First Spray Serum mendapat rating dan review yang cukup positif, terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun tentu hasil dapat bervariasi tergantung kondisi kulit masing-masing individu.

Selalu sebaiknya mencoba sampel produk terlebih dahulu sebelum membeli, untuk mengetahui apakah cocok dengan kulit kita. Semoga review ini bermanfaat sebagai referensi awal untuk Anda.

Share:

Tes wawancara UNAIR Magister (S2) Media dan Komunikasi

Assalamualaikum, setelah mendapat jadwal tes wawancara UNAIR S2 Media dan Komunikasi tanggal 2 juni 2024, aku berusaha mempersiapkan pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan kemudian, lebih ke arah mengumpulkan kira-kira pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan pada saat wawancara. Kebetulan aku berasal dari jurusan non linier, aku adalah lulusan D3 perpajakan STAN dengan S1 dari jurusan akuntansi. Cukup berbeda jauh rumpun keilmuannya. But this is my passion, not just something that I want, but I really want it.



Sebelumnya sebagai tambahan informasi aku mengikuti masuk UNAIR S2 media dan komunikasi jalur beasiswa kominfo tahun 2024.

Sebelum tes wawancara, aku juga mengikuti mockup Interview berbayar yang disediakan salah satu platform di Instagram. Hal ini sengaja aku lakukan agar mentalku lebih terbentuk saat wawancara dan kalimat-kalimat yang aku ungkapkan tertata dengan rapi.

List pertanyaan saat wawancara untuk beasiswa jenjang magister / beasiswa S2

Mockup interview yang aku jalani lebih kearah latihan saat diwawancara terkait beasiswa kominfo, pelatihnya adalah lulusan beasiswa LPDP. Kenyataannya pada tahun 2024 beasiswa kominfo tidak ada tes wawancara sama sekali hihi, Jadi aku rangkum juga disini pertanyaan-pertanyaan dari mockup interview ala beasiswa LPDP ya untuk program magister.

1.Perkenalan diri (perlihatkan segala kemampuanmu in humble way)

2. Kenapa harus s2 ? Dan mengapa jurusan itu ? Kenapa Univ A yang kamu tuju?

3. Kenapa lintas jurusan?

4. Apakah sudah mengetahui dr/prof di jurusan tersebut?

5. Bagaimana dengan biaya hidup ?

6. Keunggulan dan kelemahan diri kamu ?

7. Seberapa yakin kamu diterima?

8. Bagaimana jika kamu tidak diterima?

9. Harapan kamu kedepannya ?

10. Rencana tesis ?


Daftar pertanyaan tes wawancara S2 atau jenjang magister

Nah sekarang kita bahas daftar pertanyaan tes wawancara S2 atau jenjang magister ya.Ini adalah kumpulan pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan ketika wawancara masuk universitas khususnya program magister lintas jurusan. Kumpulan pertanyaan ini aku sadur dari beberapa sumber.

1. Perkenalan diri

2. Motivasi kuliah

3. Kenapa harus berkuliah di universitas tersebut ? Kenapa harus s2?

4. Kenapa atasan kamu memberikan rekomendasi

5. Latar Belakang Keliuarga

6. Peminatanmnya kemana (dalam case ku apakah ke peminatan media / komunikasi korporasi)

7. Apakah kamu sudah mengetahui dosennya siapa?

8. Bagaimana kamu bergaul di lingkungan?

9. Apakah sudah menyiapkan jurnal-jurnal ?

10. Ceritakan pengalaman kamu pada jenjang sebelumnya?

11. Apa proposal tesis yang kamu buat ?

12. Apa harapan kamu setelah kuliah nanti ?


Back to the topic, kita akan membicarakan real interview test di Unair ya. Jadwal dan link zoom meeting akan diberitahukan h-1 ujian.

H-1 Ujian teman teman akan mendapat broadcast message dari PPMB unair sebagaimana berikut

Selamat Sore,

informasi ID Meeting dan Passcode Ujian Seleksi Program Pascasarjana dan Profesi Gelombang III Semester Gasal tanggal 2 Juni 2024 dapat dilihat secara berkala pada tautan https://ppmb.unair.ac.id/id/jadwal-ujian-pascasarjana-profesi-gelombang-iii-gasal-2024

Terima kasih

Dan ketika selesai wawancara teman -teman akan mendapat pesan broadcast seperti ini dari PPMB UNAIR

https://g.co/XXXX mohon waktu untuk ulasan pelayanan ppmb. Ulasan anda akan membantu kami agar terus lebih baik kedepannya. 🙏😊Terima kasih


Proses wawancara magister / S2  UNAIR

Aku mendapat jadwal tes 2 juni 2024 pukul 15:00 WITA. Aku masuk ke ruang zoom meeting pukul 15:14, aku menunggu 14 menit sebelum dapat bertemu dengan penguji saat wawancara. Jadi ketika kamu belum di approve untuk masuk ke ruang zoom, bersabarlah, Gunakan pakaian bebas rapi, aku menggunakan baju hijab one set syar'i berwarna hijau ^^. Mencoba masuk ruang zoom 30 menit sebelum jadwal, untuk proses verifikasi, siapkan kartu identitas juga ya.

Selanjutnya aku adalah peserta pertama dari gelombang ku dan di jadwalku. Aku berinisiatif untuk memperkenalkan diri secara singkat dan lengkap,

Setelah aku perkenalan, penguji langsung berkata, mengapa mengambil jurusan ini dan tesisnya tentang apa ?

Kemudian aku menjelaskan rencana tesisku. Penguji bertanya kembali, apa pembeda  tesisku dari pegawai DJP (KEMENKEU) yang lainnya, karena kata penguji, tesis kami hampir mirip.

Maka detik itu juga aku merevisi sedikit sudut pandang tesis aku, secepat kilat, tentang apa keunggulan tesis ku, pembedaan aku dari peserta lainnya

Alhamdulillah penguji ku terlihat cukup puas dengan jawabanku, sehingga penguji mengucapkan terimakasih dan wawancara ku selesai.

Alhamdulillah Allahumma Baarik

Alhamdulillah tanggal 11 juni 2024 pengumuman di website unair.


Sekian cerita kali ini, kalau kalian ingin mengetahui proses sebelum tes wawancara masuk S2 media dan komunikasi UNAIR, bisa baca disini . Untuk bertanya lebih lanjut, langsung kunjungi saja profil instagram aku olivwijayaa . Terimakasih banyak dan semoga pengalaman aku bermanfaat untuk kalian yang membaca.
Share: